Begini Cara Pembuatan Kamar Tidur dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Pembangunan rumah baru maupun renovasi penting memahami beberapa hal agar tempat tinggal tersebut nyaman ditinggali. Mengabaikan hal ini akan menjadi masalah dikemudian hari bagi para penghuninya. Terlebih di kota-kota besar, dimana areal semakin sempit, sehingga pembangunan asal jadi dapat membuat isi rumah menjadi pengap bahkan lembab.

Pentingnya memahami keteraturan dan tata kelola ruang serta kamar pada akhirnya akan menimbulkan kenyamanan bagi para penghuni. Hal yang tak dapat diabaikan adalah keberadaan ventilasi udara. Sirkulasi udara di dalam kamar seharusnya berjalan lancar, sehingga dapat mengalirkan udara yang segar terus-menerus dan tidak berhenti. Udara yang berhenti dalam kurun waktu cukup lama di satu kamar dapat menyebabkan kamar menjadi pengap dan lembab. Kondisi ini bukan hanya mempercepat kerusakan dan korosi isi perabot rumah, melainkan juga dapat menimbulkan penyakit bagi penghuninya. Penyakit yang umum dijumpai dari kondisi rumah semacam ini adalah paru-paru basah.

Pentingnya Gorden Minimalis pada Penataan Kamar

Pada pembangunan maupun renovasi hunian dengan areal sempit penting mengatur agar sirkulasi udara di setiap ruangan mengalir dengan baik. Jangan terlalu banyak membuat sekat secara permanen, sebab hal ini dapat menutupi ruangan dan kamar dari sirkulasi udara. Pastikan setiap ruangan berhadapan langsung dengan areal luar rumah untuk menjaga agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.Pasanglah 2 atau 3 daun jendela beserta lubang ventilasi.

Buatlah lubang ventilasi yang cukup banyak. Lubang ini bisa menyatu dengan kusen pintu, kusen jendela, maupun lubang pada dinding yang umumnya dibuat pada rumah minimalis. Lubang ventilasi yang cukup banyak dipastikan akan memperlancar pergantian udara di dalam ruangan itu sehingga terhindar dari kelembaban. Hindari pembuatan lubang sirkulasi udara yang berhadapan langsung dengan kamar mandi, sebab hal ini dapat menyimpan uap air kamar mandi ke dalam ruangan yang dapat melembabkan ruang sekaligus "menyimpan" aroma kurang sedap dari sana.

 

roller blind minimalis bukan hanya penting sebagai penghias kamar, melainkan bisa sebagai alkali, privasi, dan mengalirkan udara di dalam kamar agar teratur dan lancar. Gorden untuk peruntukan ini umumnya berbentuk kecil dan memanjang dalam jumlah cukup banyak, sehingga dapat memperlancar sirkulasi udara tanpa menghilangkan fungsi utama dari gorden itu. Gorden berbentuk tirai ini leluasa mengatur kelancaran udara karena sirip dari setiap sisi-sisi gorden tidak bersinggungan secara langsung. Hal ini tentu saja berbeda dengan gorden konvensional, dimana udara tertutup rapat sehingga dibutuhkan pembukaan yang cukup lebar pada gorden itu jika ingin mendapatkan udara yang lancar.